MI Nurussaadah

PROFIL

   Nama Madrasah

:

MI. Nurussaadah

   Nama Yayasan

:

Yayasan Assaadah Poltangan

   NPSN

:

60706142

   NPWP

:

02.837.874.3-017.000

   Status Akreditasi

:

A

   Tahun Berdiri

:

1993

   Alamat

:

Jl. Poltangan Raya No. 25 Tanjung Barat, Jagakarsa, Jakarta Selatan, 12530

   Email

:

misnurussaadah@gmail.com

   Telephone

:

021-7801659

   Website

:

www.assaadah.id

   Nama Ka. Madrasah

:

Ati Yulianti, S.Pd.I

 

VISI
Menjadikan Lembaga pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Nurussaadah unggul dan mampu bersaing baik ditingkat lokal maupun global dengan penguasaan IPTEK berlandaskan IMTAQ.


MISI

  • Menyelenggarakan suasana belajar yang berlandaskan ketakwaan kepada Allah SWT, serta berakhlak mulia
  • Meningkatkan prestasi akademik secara berkesinambungan  
  • Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif, efisien, dan inovatif sehingga setiap siswa berkembang secara optimal sesuai dengan potensi yang dimilikinya
  • Menumbuhkembangkan minat baca siswa
  • Menghasilkan lulusan yang mampu bersaing ditingkat lokal maupun global
  • Mengembangkan sikap kreatif peserta didik dalam penguasaan IPTEK dan berlandaskan IMTAQ

 

Tujuan
Tujuan Pendidikan Nasional adalah berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakep, kreatif, dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Tujuan Pendidikan Dasar adalah meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.

Kurikulum ( Konsep Kegiatan Belajar Mengajar)

  • Active Learning
    Kegiatan pembelajaran yang memusatkan siswa/i sebagai subjek bukan objek pembelajaran, sehingga anak menjadi lebih aktif dalam kegiatan belajar. Proses pembelajaran bagi siswa/i adalah proses interkasi antar peserta didik, sumber belajar dan pendidik dalam suatu Lingkungan belajar tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
     
  • Belajar dan Praktik
    Kegiatan belajar mengajar dilakukan dengan konsep "Belajar langsung Praktik" karena ilmu yang didapat sebaiknya segera di terapkan.
     
  • Kegiatan belajar ditunjang dengan pengembangan beberapa Aspek;
    1. Agama / Akhlak
    2. Bahasa
    3. Fisik - Seni
    4. Kognitif
    5. Kemandirian serta sosial emosional
     
  • Nuansa Islami
    Mengintegrasikan setiap kegiatan belajar dengan nilai-nilai agama Islam sebagai Pondasi siswa/i untuk mendapat bekal yang lebih baik.
     
  • Kurikulum
    Kurikulum yang digunakan di MI Nurussaadah mengacu pada kurikulum yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan Nasional dan Departemen Kementrian Agama , yaitu Kurikulum 2013. Adapun isi Program kegiatan belajar mencakupi:
    1. Pembentukan prilaku melalui pembiasaan dalam kegiatan sehari-hari, meliputi moral dan nilai-nilai agama, sosial, perasaan/emosional dan kemandirian.
    2. Pengembangan kemampuan dasar melalui kegiatan yang tersusun dan terencana, meliputi kemampuan berbahasa, kognitif, fisik, dan motorik serta seni.
     
  • Penguatan Materi Islam
    Dimana setiap siswa/i di setiap hari sebelum masuk kelas mereka diajarkan disiplin untuk apel membaca do'a bersana, serta silaturahmi dengan seluruh dewan guru. hal ini akan membawa dampak positif diawal mulai kegiatan belajar.
    dan setiap hari Selasa, Kamis dan Jum'at pagi sebelum proses belajar dimulai, seluruh siswa berkumpul untuk ikut taklim dimulai dengan pembacaan Al Qur'an, Asmaul Husna, Ratib, Sholat Dhuha berjamaah. kemudian setelah sholat Dzuhur, siswa dilatih untuk menyampaikan Kultum di depan teman-teman nya. hal ini melatih penguatan dasar agama Islam, serta melatih untuk terbiasa tampil di depan teman-teman nya


GRAFIK SISWA