Profil Yayasan Assaadah

Sejarah Singkat Yayasan Assaadah

Kesibukan perdagangan, bisnis serta pahit getirnya dunia usaha, kadang-kadang membuat manusia sebagai pelakunya merasakan kejenuhan dan hampa tanpa gairah, oleh karena itu sebagai orang Islam yang beriman kepada Allah SWT serta bertaqwa kepadaNya, tatkala kita menghadap kepada Allah minimal 5 kali sehari dalam shalat lima waktu, maka akan datang harapan yang berisikan semangat untuk meraih dan mencapai kebahagiaan dan kemudahan yang hakiki yaitu Surga yang kekal dan abadi.

Wiraswasta-wiraswasta muda ini sebagai orang Islam yang taat, mengisi waktu-waktu mereka dengan dialog-dialog keagamaan dan diskusi-diskusi keimanan, hingga akhirnya mereka membuat form silaturahmi sesama mereka dan mengisi dengan pelajaran-pelajaran agama.


Prosesi peletakan batu pertama tahun 1990.

Mereka mengundang ustadz-ustadz (guru) satu kali seminggu untuk mengaji Al Qur’an dan sunnah Rasulullah SAW di tempat mereka sendiri. Sehingga mereka merasa bahwa kakek-kakek mereka sebagai pedagang, sekaligus adalah guru-guru/juru dakwah, yang dengan gigih membina dan membangun umat Islam.

Langkah pertama dari wiraswasta-wiraswasta muda ini adalah membangun masjid dan madrasah, dengan mengukuhkannya dalam badan hukum yang berstatus / berbentuk YAYASAN. Maka pada tanggal 14 April 1990 mereka membeli sebidang tanah seluas 1.400 m2 di Jl. Poltangan RT. 003/05 Kelurahan Tanjung Barat, Kecamatan Pasar Minggu. Dan mewujudkannya dalam Akta Notaris nomor 157 tanggal 18 April 1990 hari Rabu dihadapan Notaris Ny. Sumardilah Roosdila, SH.

Kebijakan Dasar
Secara ideologi normatif wadah yayasan ini dibentuk berlandaskan pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 dan berbagai peraturan perundang-undangan yang berlaku. Yayasan ini berazaskan Islam.
Kepada Allah SWT lah kita berdoa meminta semoga cita-cita kita ini dapat terwujud, Amin ya’robbal ‘alamin

Para Pendiri Yayasan
1. Habib Ismet bin Abdullah Al Habsyi
2. Habib Muhammad bin Syech Alatas
3. Habib Idrus bin Hasyim Alatas
4. Almarhum Habib Soleh bin Ali Assegaf

Pada tanggal 16 Agustus 1990 telah dilaksanakan peletakan batu pertama dengan disaksikan warga setempat, Lurah dan Camat. Maka Yayasan Assaadah pada hari ini mulai dengan modal pertama Masjid dan Madrasah Diniyah Assa’adah. Mulai melaksanakan maksud dan tujuan dalam dakwah Islamiyah dan Pendidikan Islam.

Maksud dan Tujuan
Meningkatkan kesejahteraan masyarakat dibidang keagamaan, social dan pendidikan Islam.

Usaha - Usaha Jangka Panjang
Untuk mencapai maksud dan tujuan tersebut maka Yayasan Assaadah ini menjalankan usaha-usaha dan kegiatan-kegiatan sebagai berikut :
- Mendirikan masjid / musholla.
- Menyelenggarakan kegiatan-kegiatan di bidang keagamaan.
- Majlis ta’lim dan dakwah Islamiyah lainnya.
- Memberikan santunan kepada mereka yang berhak menerima.
- Mendirikan sekolah-sekolah keagamaan, baik umum maupun kejuruan.